Jejak Digital Itu Ganas!


Segala sesuatu yang kita share di Media sosial, mulai dari Facebook, Tweeter, Instagram, Youtube, dlsb. sudah barang tentu menjadi milik publik. Mulai dari konten gambar, vidio, atau tulisan yang kita upload di media sosial otomatis menjadi milik pengguna media sosial.

Anda mungkin hendak mengedit beberapa konten yang dinilai menyinggung orang lain setelah terlanjur orang lihat dan baca. Tetapi bisa saja orang sudah terlanjur tersinggung setelah membaca konten yang anda muat. Itu masalah bagi Anda, Anda segera mengoreksinya namun fitur-fitur digital masih lebih hebat dari lelocon Anda. Mau dihapus foto atau vidio,mau diedit tulisan yg sdh kita upload di Medsos FB,jejak digital sulit kita bantah keakuratannya,dan sulit mngambilnya kmbali.Bagaimana tdk?.Upload foto, org langsung lihat,unduh kalau mau. Upload vidio,org langsung nonton,unduh juga kalau mau. Bgitu jga halnya dgn tulisan (status atau komentar di FB),dgn manfaatkan bebrpa tombol saja,hasil tangkapan layar scrensut status dan kmntar kita langsung tersimpan di Galeri perangkat lunak ponsel pngguna FB. Kita hanya bisa mlarang jejak2 digital itu bkrja dgn manfaatkan bebrpa fitur setingan prifasi yg sdh disediakan,yg kita klola sndiri diakun kita. Misalnya; ada opsi “siapa saja yg boleh mlihat materi yg kita upload”,dan masih banyak opsi lainnya. Kita bisa klola akun kita dgn rapi. Jgn lupa jadikan akun kita sbg rumah yg nyaman, dan jadikan objek wisata yg menyenangkan utk dikunjungi (asyeekk). Baik, kembali lagi ke jadul, eh judul; “Revolusi Digital yg Semakin Ganas”, sganas inikah Revolusi Digital?. Apa itu Revolusi Digital?,Komodo kah?,ganasnya seperti komodo sih,mencincang rusa sampai habis dagingnya. Bgitupun Revolusi Digital yg mlahirkan anak bernama Jejak Digital,banyak org mnjadi korban keganasannya, sampai orang menumbangkan akun FBnya (atau “rumah”nya sendiri, sya istilahkan tdi). Mnurut wikipedia;Revolusi Digital adalah prubahn dri tknologi mekanik dan
elektronik analog ke teknologi digital yang telah terjadi sejak tahun 1980 dan berlanjut sampai hari ini. Revolusi digital ini telah mengubah cara pandang seseorang dlm menjalani khidupn yg sangat canggih saat ini. Sbuah teknologi yg membuat prubahn besar kpd sluruh dunia,dari mulai membantu mempermudah segala urusan sampai membuat masalah krna tdk bisa mnggunakn fasilitas digital yang semakin canggih ini dengan baik dan benar.
Ngomong2,sbenarnya masih ada cara utk mnghilangkn Jejak Digital, tapi ini susah dilakukan,dan sangatlah radikal. Misalnya:(1)suruh pendiri FB untuk hapus FB;(2)Suruh pabrik ponsel utk stop produksi ponsel pintar;(3)suruh pngguna ponsel pintar utk bikin hancur Ponselnya;(4)suruh para ahli IT utk stop brpikir; dan terakhir skaligus sbgai pnutup tulisan ini, dan tampaknya dpt mnyelesaikn masalah:
(5)Suruh diri sendiri utk bermediasosiallah dgn baik,benar,dan pintar.

GawasNai.

Diterbitkan oleh Ari Bero

Mudah Bergaul Dengan Siapa Saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: